Ticker

6/recent/ticker-posts

BKN mengaku belum memiliki timeline mengenai pembukaan pendaftaran CPNS 2019

Sahabat pembaca Info Seleksi ASN CPNS PPPK, sudah tahukah anda bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengaku belum memiliki timeline mengenai pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Meski Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beberapa waktu lalu menargetkan pembukaan CPNS tahun ini dibuka Oktober 2019.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, panitia seleksi nasional (panselnas) memang sudah mendapatkan mandat untuk membuka pendaftaran CPNS 2019 pada Oktober. Pembukaan pendaftaran CPNS dilakukan setelah pembukaan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pak Menpan memberi deadline bagi teman-teman di panselnas bahwa kira-kira CPNS dan PPPK waktu itu Oktober dan Agustus. Tapi timelinenya belum,” ujarnya kepada Okezone, Selasa (9/7/2019).

Menurut Ridwan, alasan mengapa hingga saat ini belum ada timeline adalah karena pemerintah masih harus menyerahkan kebutuhan pegawainya dari masing-masing Kementerian dan Lembaga. Panselnas sendiri sudah membuka laporan kebutuhan pegawai sejak Minggu kedua Juni 2019.

“Karena banyak sekali faktor yang harus dilihat dan itu di luar panselnas. Jadi misal 623 Kementerian Lembaga dan daerah itu haus memasukan kebutuhan pegawai di Minggu kedua Juni,” jelasnya.

Menurut data terakhir baru sekitar 326 K/L dan pemerintah daerah yang menyerahkan kebutuhan pegawainya. Sedangkan sisanya masih terus ditunggu data kebutuhan pegawainya.

“Saya belum tahu di Minggu ketiga Juni, tanggal 21 ini sudah ada berapa. Apakah 623 atau baru 326,” ucapnya.

Oleh karena itu lanjut Ridwan, pantia seleksi nasional belum bisa memastikan dan memetakan jadwal dari penerimaan CPNS 2019. Meskipun begitu, panselnas masih optimis bisa dibuka pada Oktober 2019.

“Nah banyak sekali faktor di luar panselnas yang sangat teknis yang menyebabkan panselnas bukan satu-satunya pemilik proses dari seleksi CPNS ini. Itu yang menyebabkan seleksi CPNS ini belum ada timeline atau rundown yang sangat detil,” jelasnya.

Berita ini bersumber dari Okezone.